Kamis, 27 Desember 2012

Soes Classic

Soes ini aku buat buat bekalnya Dek Azka sekolah, kebetulan masih ada strawberry di kulkas dari pada busuk mubazir kebuang, cari-cari bekal apa yah yang gampang bikinnya gak ribet dan ge-pe-el (gak pake lama). Terinspirasi dari tabloid Saji, liat bentuk kue soes yang lucu-lucu, dicetak pake cetakan muffin, lalu ditengahnya diisi vla dan buah, hasilnya bener-bener lucu, sampai-sampai bekal sekolahnya Dek Azka tak bersisa.

Soes Classic
Kalo resepnya aku pake dari majalah Sedap, yang mau belajar bikin soes silahkan dibaca resepnya ya...

Bahan Soes :
200 ml air
125 gr tepung terigu
100 gr mentega (salted)
3 btr telur

Bahan Vla :
250 ml susu cair
25 gr tepung maizena
60 gr gula pasir
1 sdt vanilla (aku gak pake rum)
1 kuning telur
1 sdm mentega

Cara membuat:

Kulit Soes
  1. Panaskan oven (200 derajat C), olesi cetakan loyang dengan margarine, sisihkan.
  2. Didihkan air dan mentega, setelah mendidih matikan kompor masukkan terigu aduk rata, nyalakan api (kecil) dan aduk hingga kalis, matikan api, tunggu hingga adonan dingin atau hangat-hangat kuku, masukkan telur yang sudah di kocok lepas sedikit-sedikit, kocok dengan mixer kecepatan rendah sampai tercampur rata, jika adonan sudah dirasa cukup lembek jangan dimasukkan semua telurnya.
  3. Masukkan adonan kedalam kantong segitiga, potong ujungnya, lalu semprotkan ke dalam cetakan muffin dengan cara melingkar dari bawah ke atas.
  4. Oven kue kurleb 30 menit, sampai kue berwarna kuning kecoklatan dan tidak berbusa lagi, jangan membuka oven selama proses pemanggangan. Angkat dan dinginkan.
Vla 
  1.  Cairkan maizena dengan sedikit susu cair, sisihkan.
  2. Panaskan sisa susu cair dan gula pasir sampai terlihat gelembung  dipinggiran panci, masukkan maizena yang sudah dicairkan aduk mengental, matikan api, masukkan kuning telur yang sudah dikocok lepas aduk rata, nyalakan kembali api, masukkan vanilla, aduk sampai meletup letup. Matikan api, masukkan mentega aduk sampai adonan licin dan dingin.
  3. Masukkan ke dalam kantong segitiga, semprotkan ke dalam kulit Soes (tanpa harus di gunting dulu kuenya), hias dengan buah, dan DCC yang dicairkan.
 Selamat mencoba....

Order Hub. Ranti (Hp.087872160918)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar